RESENSI BUKU

Sentuhan Parenting

(Ustadz Budi Ashari, Lc)

Penulis: Ustadz Budi Ashari, Lc
Isi: 244 halaman.
Penerbit: Pustaka Nabawiyyah.

Menyentuh hangat relung hati. Inilah yang saya rasakan saat menyelami untaian kalimat demi kalimat dalam samudera ilmu dan hikmah Sentuhan Parenting. Buku ini adalah buah dari kesadaran betapa pentingnya ilmu rumah tangga. Serta sangat disayangkan betapa tak terperhatikannya ilmu ini dalam pendidikan kita. Padahal setiap kita pasti ingin berumah tangga. Karena itu berbagai letupan kecil tulisan tentang keluarga menimbulkan harmoni suara beriringan.

Goresan-goresan pena Ustadz Budi Ashari, Lc ini ini sejatinya sudah lama mencoba mengetuk pintu rumah-rumah Muslim. Agar sadar bahwa sebenarnya kita mempunyai modal kebesaran. Modal keluarga.

Berawal dari artikel-artikel yang dipublikasikan di web parentingnabawiyah.com (sekarang www.parentingnabawiyyah.com) penulis berupaya menghadirkan potret keluarga generasi terbaik. Keluarga Rasul, para sahabat Rasul, Tabi’in, dan seterusnya.  Berupaya menjaga harapan untuk terus menggenggam erat tangan generasi terbaik, agar kenal dan kemudian merasakan kehangatan sentuhan mereka.

Sebab kita telah sampai di zaman yang mulai kehilangan masa lalu. Kehilangan yang menyebabkan kehilangan masa kini dan masa depan. Sampai sebagian di antara kita tak banyak lagi yang tahu bagaimana Islam memberikan konsep pendidikan. Bahkan tak  tahu dan yakin kalau Islam telah begitu detail memberikan panduan.

Tulisan-tulisan ini dijahit dengan tujuh bab judul: (1) Begin With The End, (2) Setiap Anak Kita Harus Lahir Kembar, (3) Ayah, Ayat Allah di Bumi, (4) Ibu, Pulanglah..., (5) Generasi Izzah, Bukan Imma’ah, (6) Agar Nasehat Untuk Anak Bekerja Dahsyat, (7) Terkadang, Keras Itu Bukti Sayang.

Satu bab yang paling berkesan bagi saya adalah bab terakhir, Terkadang, Keras Itu Bukti Sayang. Di tengah semakin maraknya jargon humanisme dalam dunia pendidikan kita, konsep “keras” dan tegas semakin asing bagi pendidikan keluarga Muslim. Bahkan bagi yang menggunakannya dianggap sebagai pelanggaran HAM. Padahal tiada berlian indah yang tidak ditempa berbagai jenis suhu membara dan himpitan sedemikian kuatnya. Generasi terbaik telah membuktikannya.

Sentuhan awal ini diharapkan berubah menjadi genggaman hangat, oleh tangan rumah-rumah Muslim yang menghendaki perubahan dan perbaikan. Setelahnya, kita diajak untuk menggenggam dan memeluk erat pasangan dan keturunan. Bersama berikhtiar hingga sampai di surga tertinggi, yang kelak akan dihuni oleh Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Untuk menuntaskan rindu yang terpisah berabad lamanya dan berjarak jauhnya.

Sentuhan setebal 244 halaman yang diterbitkan Pustaka Nabawiyyah ini sebagai langkah awal kita untuk memulai.  Semoga tak surut lagi semangat, untuk terus mendekat ke syariat. Pastikan keluarga muslim memiliki dan menggenggam erat Buku Sentuhan Parenting ini. Pemesanan via WA ke 0877-8475-7900 (El Nafsa/Pustaka Nabawiyyah)

 

WhatsApp Image 2019-12-08 at 11.20.35